Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi, Pria dan Wanita Wajib Baca

Posting Komentar

Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi, Pria dan Wanita Wajib Baca — Waktu masih sekolah dulu, kita pernah diberikan sedikit pengetahuan mengenai organ reproduksi bukan?!

Tapi, tahukah kamu? Faktanya masih banyak yang mengabaikan cara atau langkah-langkah menjaga kesehatan organ reproduksi tersebut.

Padahal menjaga kesehatan organ reproduksi sendiri sangatlah penting.

Ada beberapa orang yang masih tidak menyadari kalau sistem reproduksi merupakan sistem yang paling rapuh dalam tubuh.

Jadi, jika kita tidak pandai menjaga kesehatan organ reproduksi tersebut, kamu bisa saja mengalami berbagai gangguan reproduksi di masa depan.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips dan cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang perlu dibaca oleh pria maupun wanita.

Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi, Kamu Wajib Baca!

Ini Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi, Pria dan Wanita Wajib Baca
pexels.com/Anete Lusina

1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Tips atau cara menjaga kesehatan organ reproduksi yang pertama adalah dengan rutin mengganti celana dalam lho. 

Sebab kalau kamu mengabaikan poin satu ini, kamu bisa terkena masalah serius dengan jamur bahkan sampai bisa memicu timbulnya gatal-gatal dan ruam di kulit.

Makanya, mulai sekarang, kamu wajib mengganti celana dalam secara rutin. Minimal 2 kali sehari atau lebih. 

Jangan ragu untuk segera mengganti celana dalam kamu saat mulai terasa lembap. Disarankan juga untuk memilih celana dalam dari bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik seperti katun.

2. Membersihkan Organ Intim dengan Benar

Selanjutnya adalah dengan membersihkan organ intim kamu dengan benar. Lho? Selama ini sudah benar kok. 

Hmm, yakin? Sebab masih banyak lho yang mengabaikan poin satu ini hingga akhirnya berdampak serius pada kesehatan organ reproduksi kamu.

Lalu, bagaimana sih cara membersihkan organ intim dengan benar itu? Jadi, selalu bersihkan organ intim dari depan ke belakang.

JANGAN sebaliknya, terutama bagi wanita. Dengan membersihkan organ intim dari belakang ke depan justru bisa membawa bakteri yang ada di anus ke vagina/penis dan dapat menyebabkan infeksi.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Tips menjaga kesehatan organ reproduksi berikutnya memang tak lepas dari konsumsi makanan bergizi dan sehat juga.

Sebab ada beberapa nutrisi yang sangat diperlukan untuk kesehatan organ intim baik pria maupun wanita. Sebut saja serat, protein, vitamin, antioksidan, hingga folat.

Kandungan tersebut bisa kamu peroleh dari kacang-kacangan, daging, ikan, susu, telur, sayur, hingga buah-buahan.

Tapi, jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan harian kamu dengan minum air putih 2-3 liter per hari, ya.

Usahakan hindari konsumsi kafein secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada kesehatan organ reproduksi kamu juga.

4. Aktivitas Berhubungan Intim yang Aman

Info selanjutnya yang wajib kamu tahu untuk menjaga kesehatan organ reproduksi ialah dengan melakukan hubungan intim yang aman.

Sebab aktivitas seksual yang tidak aman dan higienis dapat menjadi pemicu penularan penyakit seksual. Kamu tentu tidak mengharapkan itu, bukan?!

Jadi, untuk memastikan kamu sudah menerapkan prinsip berhubungan intim yang aman adalah:

  • Tidak bergonta-ganti partner seksual. Cukup setia pada satu saja.
  • Menggunakan kondom.
  • Menjaga kebersihan area genital sebelum dan sesudah berhubungan
  • Saling terbuka dan jujur mengenai riwayat seksual kepada pasangan

5. Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi berikutnya ialah memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Poin ini bahkan amat disarankan terutama bagi kamu yang sudah aktif secara seksual.

Langkah ini perlu dilakukan demi menghindari penyakit yang mungkin bisa menyebabkan masalah infertilitas.

Contohnya endometriosis pada wanita dan infeksi testis pada laki-laki. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri dan pasangan kamu secara rutin ke dokter, ya.

Entah itu dengan datang ke klinik, rumah sakit maupun laboratorium. Jenis pemeriksaan yang umum dan biasa dilakukan diantaranya adalah pap smear, USG, HSG, tes penyakit kelamin, tes darah, dan lain-lain.

6. Stop Mengonsumsi Alkohol dan Rokok

Berhenti untuk mengonsumsi alkohol dan rokok jika kamu ingin organ reproduksi kamu baik-baik saja. 

Sebab dua hal ini tidak hanya menyebabkan berbagai gangguan kesehatan kronis saja, namun juga memengaruhi tingkat kesuburan. Baik pria maupun wanita.

Terlalu banyak merokok juga dapat jadi salah satu penyebab impotensi pada laki-laki.

Maka, mulai tinggalkan kebiasaan buruk ini dari sekarang. Apalagi jika kamu sedang dalam proses menjalani program kehamilan.

7. Olahraga Teratur

Olahraga secara rutin bisa menunjang kesehatan organ kamu lho. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur bisa mencegah kamu dari obesitas. Selain itu olahraga juga bisa meningkatkan stamina dan menyehatkan organ reproduksi kamu juga.

Dengan demikian, performa kamu di tempat tidur bisa jadi lebih baik. Untuk kamu yang sudah menikah, peluang kehamilan bisa jadi lebih tinggi lho.

8. Sunat bagi Pria

Khusus kaum adam, sangat disarankan untuk menjalani sunat/khitan.

Tujuannya adalah demi menghindari risiko infeksi yang disebabkan oleh kotoran (smegma) yang menumpuk di bawah kulit kulup (ujung penis).

Manfaat sunat lainnya adalah kamu bisa terhindar dari kanker penis lo.



Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar