Fakta Menarik Tentang “FRIENDS” yang Jarang Diketahui

Posting Komentar

Fakta Menarik Tentang “FRIENDS” yang Jarang Diketahui – Merayakan episode pertama dari serial kesayangan banyak orang yang pernah sangat hype pada zamannya, tentu saja saya nggak pengin melewatkan untuk menulis (pertama kalinya) tentang FRIENDS.


Terus tiba-tiba kepikiran apa bahas soal fakta menarik tentang Friends yang jarang diketahui saja? Sitkom yang menceritakan kisah sehari-hari dari dua bersaudara Ross (David Schwimmer) dan Monica Geller (Courteney Cox), yang pernah punya roommate yakni Phoebe Buffay (Lisa Kudrow) yang kemudian pindah.


Monica punya sahabat jaman sekolah bernama Rachel Green (Jennifer Aniston) yang kemudian secara permanen pindah ke apartemen Monica ngegantiin Phoebe.


Secara kebetulan juga Monica tetanggaan sama Chandler Bing (Matthew Perry) yang notabene masih temen satu kampus Ross dulu. Saat Chandler lagi cari roommate, datanglah Joey Tribbiani (Matt LeBlanc) yang kocak dan gemesin.


Episode pertama yang diberi judul The One Where It All Began langsung nunjukin penonton mengenai karakter masing-masing dan semuanya ditaro di satu frame untuk ngeliatin koneksi satu sama lain.


Kayak Ross yang diliatin habis gagal dalam berumah tangganya karena istrinya ternyata lesbian. Monica yang lagi berusaha ngedate sama seseorang.


Belum lagi gaya ngomongnya Chandler itu langsung bikin kita ngeh kalau dia sarkastik. Terus  Joey selalu nyeletuk hal-hal silly, atau Phoebe yang selalu meraba-raba aura seseorang.


Kelima orang itu kemudian kedatangan Rachel yang baru aja lari dari pernikahannya sendiri karena sebenernya dia nggak cinta sama calon suaminya.


Dari situ semuanya mengalir dengan obstacle masing-masing dan karakterpun makin berkembang sampai ke belakang.


Fakta Menarik Friends yang Jarang Diketahui


Fakta menarik Friends yang jarang diketahui
imdb.com


Jadi buat yang udah nggak sabar lagi sama fakta-fakta menarik yang mungkin jarang atau nggak lo tahu sama sekali, di sini saya mau nge-share sedikit. Bisa sambil nostalgia atau nonton lagi serial sebanyak sepuluh musim itu.


1. Lagu pembuka berjudul I’ll Be There For You yang Fenomenal


Kalian pasti otomatis ikutan nyanyi begitu intro gitarnya kedenger. Udah gitu lirik awalnya gampang banget buat dihafal.


So no one told you life was gonna be this way. Your jobs a joke, you're broke, your love life's D.O.A. It's like you're always stuck in second gear. And it hasn't been your day, your week, your month, or even your year but… I'll be there for you.


Langsung berasa ikutan pengin joget-joget di dalam air mancur kan sama geng Friends. Dan memang terus terang, kita gampang banget relate sama liriknya.


Fakta pertama yang perlu kalian ketahui adalah produser Friends yaitu David Crane dan Marta Kauffman ikutan nulis liriknya bersama dengan Phil Solem dan Danny Wilde yang mana adalah personil dari The Rembrandts.


Sebab tentu aja yang tahu emosi dari serial ini gimana dan seperti apa, ya orang yang bikin ceritanya bukan.


2. Lagu Pembuka yang Sukses Besar


Beriringan dengan kesuksesan serial, tentu aja lagu pembukanya jadi ikutan laris di pasaran. Bayangin aja, pada tahun 1995 selama delapan minggu berturut-turut, lagu I’ll Be There For You nangkring di posisi 1 Airplay Billboard Hot 100.


Saya yakin orang-orang beneran demam Friends di masa itu. Mungkin fenomenanya sama seperti lagu Akad, Despacito atau Senorita yang beberap waktu ke belakang menghantui kita semua dengan seringnya diputer dimana-mana.


3. Perubahan Nomor Apartemen


Kalau kamu merhatiin di beberapa episode pertama di session-session awal, nomor apartemen Monica dan Rachel adalah No. 5 dan nomor apartemennya Chandler dan Joey yaitu 4.


Hal itu kemudian diubah dalam episode-episode selanjutnya menjadi No. 20. Mungkin karena produsernya kemudian sadar kalau nomor 5 ini ada di lantai bawah.


4. Awalnya Cuma Bercerita Tentang Empat Orang


Awalnya Friends diset untuk fokus hanya pada empat karakter utamanya aja loh. Yaitu Monica, Ross, Rachel, dan Joey.


Sedangkan Phoebe dan Chandler cuma bakal jadi karakter pendukung aja. Siapa yang kira kan, justru dua karakter yang tadinya bakal jadi support doang tetep stealing the show.


5. Mattew Perry Pernah Punya Naskah Serupa


Di tahun 1993, Matthew Perry pernah pitching ke NBC sebuah sitkom yang ia tulis tentang sekelompok orang yang usianya dua puluhan keatas.


Bahkan udah ada judulnya waktu itu yaitu Maxwell's House. Sayangnya naskah tersebut ditolak.


6. Sebelumnya Bingung Sama Judul


Sebelum produser memutuskan judul Friends, nyatanya ada banyak judul lain yang dipertimbangkan selain itu. Diantaranya Friends Like Us, Six of One, Across the Hall, Once Upon a Time di West Village, dan Insomnia Cafe.


7. Monica dan Joey ‘Pernah’ jadi Pasangan


Tentu aja produser dan tim pernah merancang beberapa alternative set dan plot sebelumnya. Jadi nggak heran kalau pada awalnya Monica dan Joey bakal dijadiin pasangan utama.


8. Bukan Lisa Kudrow yang Harusnya jadi Phoebe Buffay


Ada nama Ellen DeGeneres yang kemudian diungkap setelah kesuksesan Friends yang semula diminta untuk memerankan Phoebe Buffay. Tapi Ellen menolak tawaran itu.


9. Jennifer Aniston Benci Rambutnya Sendiri


Masih bahas soal fakta menarik tentang Friends yang jarang diketahui nih. Mungkin kamu pernah baca artikel dimana Jen ngasih tahu USA Today tentang sebuah pernyataan yang nggak diduga.


Dimana dia amat sangat nggak suka, benci malah, sama potongan rambut Rachel yang dia perankan di session awal. Parahnya lagi, potongan pendek nggak jelas Rachel itu malah jadi ikon kemudian. Sabar ya, Mbak Jen.


10. Courteney Cox Nggak Pernah Masuk Nominasi


Jujur, saya pribadi suka banget sama karakter Monica. Mungkin karena saya (ngaku-ngakunya) mirip dengan karakter dia yang seorang Chef, pernah sering gagal dalam asmara tapi nggak pantang menyerah dalam hidupnya.


Tapi siapa yang nyangka kalau Mbak Courteney ini  jadi orang satu-satunya di geng Friends yang nggak masuk nominasi Emmy Awards. Yah.


11. Sosok Ikonik di Central Perk


Tentu kamu semua pada ngeh kan kalau di Central Perk ada barista yang juga pemilik dan pernah menerima Rachel bekerja sebagai waitres di sana bernama Gunther?


Rupanya awalnya Gunther ini nggak dapet peran untuk komunikasi sama pemain Friends lainnya atau dapat porsi ngomong gitu. Tapi karena doi bisa ngoperasiin mesin esspreso makanya tetep lanjut diajak main.


12. Sofa Central Perk yang Menyita Perhatian


Kamu tahu dong kalau geng Friends lagi pada nongkrong ngopi di Central Perk gitu mereka suka duduk di sofa oranye yang kayaknya empuk banget. Ternyata seorang desainer Friends nemuin sofa itu di ruang bawah tanah Warner Bros Studio loh.


13. Pintu Apartemen Ungu Monica


Bingkai di sekitar lubang intip pintu apartemennya Monical mulanya memiliki cermin di dalamnya loh. Tapi secara nggak sengaja rusak oleh salah satu anggota kru. Karena masih kelihatan bagus, mereka memutuskan untuk tetap memajangnya di sana.


14. Awalnya Chandler Bing itu Gay


Sebenernya sadar nggak sadar sih perihal Chandler seorang gay itu udah disinggung dari episode awal atau session-sesion pertama.


Dan bener aja katanya penulis skripnya sempat mau bikin si Mr Sarkas ini jadi seorang gay. Kalau Chandler gay, mungkin yang bakal pacaran sama dia bukan Janice yang juga unik banget karakternya. Ha ha ha ha sama line nya yang ikonik satu lagi, 'Owh My GOD!'.


15. Umur Asli Para Pemain


Ada yang tahu berapa umur enam pemain Friends di tayangan perdana serialnya? David dan Matt sama-sama berusia 27 tahun saat itu. Untuk Matthew dan Jennifer sama-sama berusia 25 tahun. Kemudian Courteney Cox 30 dan Lisa Kudrow 31 tahun.


16. Nama Lengkap Karakternya


Kalau selama ini cuma tahu nama depan dan belakang para karakternya doang, kamu pasti penasaran dengan nama lengkap karakter mereka seperti apa.


  • Chandler Muriel Bing
  • Rachel Karen Green
  • Ross Eustace Geller
  • Monica E. Geller (Kepanjangan apakah E ini? Itu masih jadi misteri, sih.)
  • Joseph Francis Tribbiani Jr.
  • Phoebe Buffay (Mungkin cuma Phoebe yang nggak tahu apa nama tengahnya. Karena dia sendiri nggak pernah lihat akta lahirnya sendiri.)


17. Ada Momen Yang Sempat Terlewat


Ada yang pada sadar nggak kalau di session 2 Friends nggak ada momen mereka merayakan Thanksgiving?


18. Ketemu sama Another Green


Di session 6 episode 13 kamu bakal ketemu sama Reese Witherspoon yang memerankan karakter sebagai Jill Green, adiknya Rachel.


Tapi sayang di session 9 Reese nggak bisa lagi mengulang perannya tersebut sehingga digantiin Christina Applegate sebagai Amy Green untuk episode Thanksgiving. Amy Green juga muncul di episode lainnya.


19. Bruce Willis Dibayar Pake Doa


Inget dimana Ross kesengsem sama mahasiswinya sendiri? Ternyata bokap dari Elizabeth diperankan Bruce Willis dan nongol di episode 21.


Di saat dia nerima peran sebagai bokapnya Liz, nyatanya Willis kagak nerima sepeser pun uang dari hasil kerjanya. Lah terus? Iya soalnya Om satu itu nyumbangin honornya itu. Dermawan sekali, ya.


20. Kulkasnya Monica Berfungsi Beneran


Joey dan pemain lainnya hobi banget buka kulkasnya Monica karena di sana segala makanan enak ada. Mungkin karena basic-nya Monica seorang koki jadi di kulkasnya secara nggak pernah kosong.


Faktanya, kulkasnya memang difungsikan beneran sebagai tempat naro makanan atau minuman

untuk pemain dan kru.


21. Properti Pribadi Punya Jennifer Aniston Dipinjem


Ingat sama patung anjing putih punya Joey? Di dunia nyata itu sebenernya milik Jennifer Aniston. Patung itu katanya hadiah seorang teman sebagai tanda keberuntungan.


22. Friends Rilis Soundtrack Lain


Setelah series berakhir ada dua soundtrack yang kemudian dirilis. Judulnya Friends, The One with All the Party Music EP (2004) dan Friends: The Ultimate Soundtrack (2005). Kamu udah pernah denger salah satunya?


23. Honor Pemain Dengan Angka Fantastis


Kamu pernah penasaran nggak sih kira-kira enam sahabat ini dapet bayaran berapa per episodenya?


Selama musim pertama pertunjukan, masing-masing dari pemainnya dapetin upah sebesar $ 22.500 per episode atau sekitar Rp 316.350.000.


Pada akhir serial ini, bayaran para pemain pun ditaksir mencapai $ 1 juta per episodenya. Silakan hitung sendiri berapa perkiraannya.


24. Kedekatan Antara Pemain


Selama 10 tahun pembuatan film, siapa yang nyangka kalau Jennifer Aniston, Courteney Cox, dan Lisa Kudrow makan siang bareng nyaris setiap hari, dan mereka makan makanan yang sama setiap hari. Apa kagak bosen?


25. Tukar Peran


Mulanya Jennifer Aniston sebenarnya dipertimbangkan untuk meranin karakter Monica, tetapi Jen bilang kalau dia penginnya jadi Rachel.


Courteney Cox juga sama. Sempat dipertimbangkan untuk meranin Rachel, tetapi dia pengin meranin Monica.


26. Jadi Serial Terlaris


Episode terakhir Friends ditonton oleh sebanyak 52,46 juta pemirsa yang kemudian bikin Friends jadi serial televisi keempat yang paling banyak ditonton dalam sejarah AS.


Nggak terlalu kaget bukan. Karena sampai hari ini aja fans dari serial itu masih ada malah makin banyak.


27. Perpisahan Mengharukan


Fakta Menarik Tentang “FRIENDS” yang Jarang Diketahui
closeronline.co.uk


Siapa sih yang nggak sedih kalau mau pisah? Apalagi udah bersama, kerja bareng dan seru-seruan bareng selama hampir sepuluh tahun.

 

Itu juga dialami sama para pemain Friends di episode final mereka. Di episode terakhir mereka pada dah mellow sendiri, mewek terus sampai bikin make up artisnya kudu bolak-balik re-apply make up mereka. Jadi ikutan sedih lagi kan.


Nb: Artikel ini pertama kali tayang pada 23 September, tapi gue perbarui lagi. Terus baca update blog ini, ya. Thank you for stopping by.

Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar