Rekomendasi Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet

Posting Komentar

Rekomendasi Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet — Terus terang aja saya lagi kangen rumah. Cuma kondisi lagi nggak memungkinkan kayak gini bikin saya mikir berulang kali buat pulang ke Cirebon. Oleh karenanya, untuk sedikit mengobati rindu, saya bikin artikel yang isinya tentang kuliner Cirebon yang biasanya nggak susah saya dapat.

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Bikin Gagal Diet

Rekomendasi Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
cirebonkota.go.id

Sementara di Yogya, agak susah buat saya nemu makanan yang persis mirip kayak yang biasa saya makan. Malah kalau mau bikin sendiri saja, bahannya agak susah didapat.

Kayak kemarin pengin bikin nasi lengko, ngubek cari kucai susahnya setengah mati. Saya pernah dapat info katanya ada di Pasar Kranggan, tapi mesti pagi. Sementara saya masih kudu kerja juga.

Jadinya, sekarang saya susun dulu deh daftar kuliner enak di Cirebon yang dijamin bakal bikin diet siapapun gagal total.

Biar nanti pas saya punya kesempatan pulang, meski cuma sebentar, saya bisa mengobati kangen dengan menyantap kuliner yang saya buat di daftar ini.

Daftar Makanan Enak di Cirebon, Dijamin Bikin Gagal Diet

1. Empal Gentong

kuliner lezat di Cirebon yang bikin gagal diet
reddoorz.com

Makanan lezat enak di Cirebon yang bikin gagal diet versi saya yang pertama ada empal gentong. Makanan enak di Cirebon satu ini pasti sudah tidak asing lagi sebab memang sering banget direkomendasikan para reviewers atau travelers.

Mungkin karena memang rekomendasi tempat makan empal ada banyak banget pilihannya dan mudah diakses juga, makanya ketika seseorang datang ke Cirebon pasti langsung diajak makan empal gentong.

Untuk tempat makan empal favorit pribadi yang paling enak sih belum ada sejauh ini. Sebab menurut saya rasanya hampir mirip-mirip.

Tapi dari kecil ada satu tempat makan empal di Cirebon yaitu di dekat Pasar Balong. Nah, kedai itu jadi langganan dari zaman nenek saya masih hidup.

Cuma kalau disuruh milih antara empal gentong dan empal asem, maka saya lebih milih empal asem yang tidak bersantan.

Untuk kisaran harga dari seporsi empal gentong ini bervariasi. Kisaran Rp 15.000 sampai Rp 35.000-an.

2. Mie Koclok

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
hallunalina.com

Rekomendasi selanjutnya dari kuliner lezat di Cirebon dijamin bikin gagal diet versi saya adalah Mie Koclok.

Obviously karena makanan khas Cirebon satu ini mengandung santan, sama kayak empal gentong. Gimana mau fokus dietnya, kan?! Cuma kalau mau sekali-kali makan sih ya tidak apa-apa.

Kebetulan dekat rumah di Cirebon ada tukang jualan mie koclok yang favorit nih. Harganya juga murah masih Rp 10.000 an doang se-porsinya. Mie koclok ini adalah mie kuning biasa yang disiram kuah kental santan terus ditaburi berbagai topping yang enak.

Ada suwiran ayam, potongan telur rebus, daun bawang, seledri, dan emping. Enaknya disantap buat makan malam. Karena biasanya memang penjual Mie Koclok ini nongol pas malam hari.

3. Sega Lengko

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
hallunalina.com

Terus terang saja, saya tumbuh ditemani nasi atau sega lengko dari masih SD. Tiap pagi, sebelum berangkat sekolah biasanya nyokap bakal nyuruh saya buat beli nasi lengko di warung dekat rumah. 

Sampai segede ini saya masih memfavoritkan makanan satu ini.

Isian nasi lengko ini sebenarnya bisa dibikin sendiri di rumah. Ada nasi putih biasa, terus kecap, bumbu kacang, tahu dan tempe goreng, tauge dan taburan kucai. Cuma seperti yang sudah saya singgung di atas.

Di Yogya susah banget cari kucai. Sedangkan rasa nikmat dan sedap nasi lengko itu datangnya dari taburan kucai. Untuk harga seporsi nasi lengko juga terjangkau kok. Cuma Rp 5.000 sampai Rp 8.000 saja.

4. Docang

kuliner lezat di Cirebon yang bikin gagal diet
egindo.co

Selanjutnya kuliner lezat di Cirebon dijamin bikin gagal diet adalah Docang.

Makanan tradisional khas Cirebon ini terbuat dari campuran lontong yang dipotong, parutan kelapa, daun singkong, toge, dan kerupuk. Terus bahan-bahan yang sudah disusun tadi disiram kuah dage atau oncom.

Docang ini cocok buat sarapan atau makan malam. Untuk harga satu porsi docang juga murah banget kok. Hanya Rp 5.000 sampai Rp 10.000 saja.

Kalau kamu mau tambah kerupuk, cukup tambah Rp 1000 sampai Rp 2000 saja per bungkusnya. Soalnya jujur, kalau sudah cobain kuah docang, kamu bakal ngerasain nikmatnya makan kerupuk basah campur kuahnya yang khas. 

5. Sega Jamblang

kuliner lezat di Cirebon yang bikin gagal diet
apasih.web.id

Kuliner lezat di Cirebon dijamin bikin gagal diet versi saya selanjutnya adalah sega Jamblang atau nasi Jamblang. Nasi Jamblang ini bisa kamu temui di sepanjang jalan Tuparev atau di depan Grage Mall.

Meski ada beberapa kedai makan Sega Jamblang, cuma saya tidak bisa merekomendasikan salah satunya.

Tidak ada alasan khusus, cuma biasanya kalau kepingin banget makan sega jamblang, saya prefer cari yang keliling gitu. 

Oh, ya lauk sega jamblang ini bervariasi kok. Ada sambal goreng ati, dendeng, balakutak (sotong), pepes, lidah sapi, perkedel, sate usus dan lain sebagainya. Harganya pun bervariasi tiap lauknya.

6. Tahu Gejrot

kuliner lezat di Cirebon yang bikin gagal diet
i.ytimg.com

Tahu gejrot juga masuk dalam daftar makanan enak di Cirebon dijamin bikin gagal diet rekomendasi saya kali ini.

Meskipun di Yogya sudah banyak yang jual, tapi buat saya pribadi, tahu gejrot yang dibuat dan dimakan di Cirebon tetap yang terbaik.

Harganya juga murah lho. Cuma Rp 5.000 sampai Rp 15.000-an tergantung kamu belinya di mana. 

Meski cuma tahu pong yang disiram kuah khusus seperti ini, tapi saya tumbuh dengan makan jajanan satu ini.

Jadi selain karena enak, penganan satu ini punya kenangan dan ceritanya sendiri buat saya pribadi.

7. Serabi

kuliner lezat di Cirebon yang bikin gagal diet
citrust.id

Makanan yang biasanya hadir buat sarapan maupun kudapan malam ini juga nggak mungkin kelewat masuk dalam daftar kuliner lezat Cirebon yang bikin gagal Diet.

Serabi atau kue surabi Cirebon agak beda dengan serabi yang dipunya Solo. Meski dua-duanya enak sih.

Nah, serabi di Cirebon ini biasanya polosan atau diberi taburan topping gitu pas sudah setengah matang. 

Ada yang ditabur gorengan tempe, tauco atau dage, bahkan telur. Harganya juga murah. Kalau serabi polos cuma Rp 1000 sampai Rp 2000 aja kok. Kalau yang pakai telur antara Rp 4000 sampai Rp 5.500.

Di beberapa sudut kota Cirebon kamu bisa kok menemukan yang jual serabi ini. Meski nggak selalu, tapi biasanya yang jualannya sudah sepuh gitu, tapi cekatan dan terampil banget bikin adonan dan mencetak kue serabinya.

8. Gado-gado

hallunalina.com

Tidak mungkin gado-gado kecintaan saya ini terlupakan. Jadi, di dekat Pasar Balong itu (orang Cirebon pasti tahu lokasi pusat perbelanjaan ini) ada kedai kecil di gang yang menjual empal gentong dan gado-gado.

Sebelahan ceritanya. Biasanya kalau keluarga saya pesannya empal, saya sendiri akan milih pesan gado-gado. Karena waktu kecil saya suka banget sama ayam goreng dan telor.

Jadi bagi saya, gado-gado di pasar balong itu sudah paling oke sejauh ini. Meskipun kemudian muncul tukang gado-gado lainnya juga deket rumah sekarang.

Isi dari gado-gado Cirebon ada lontong, tauge, telur, tahu, timun, kentang, ayam suwir, emping, kerupuk dan taburan bawang goreng.

Gado-gado di Cirebon berkuah kuning. Kuahnya itu dibuat dari olahan kaldu ayam. Ayam yang digunakan juga biasanya ayam kampung.

Jadi bisa dibilang kuah ini mirip sama kuah opor. Gado-gado Cirebon juga cocok untuk sarapan. Porsinya juga banyak. Harga per porsi mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 25.000-an.

10. Es Duren

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
i.ytimg.com

Entah kapan terakhir makan es duren di pasar Kanoman ini. Ya, kalau kamu mampir ke Cirebon dan jalan-jalan ke Pasar Kanoman, maka kamu akan menemukan mamang-mamang jualan es duren di sepanjangnya.

Karena sudah lama tidak beli dan makan, saya sampai hampir lupa bagaimana rasanya dan berapa sekarang harganya. Next, kalau saya punya kesempatan jalan-jalan lagi dan mampir ke Kanoman, bakal saya perbarui review-nya.

11. Tahu Petis

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
i.ytimg.com

Menurut cerita, Putri Ong Tien menjadikan tahu petis sebagai salah satu kuliner yang difavoritkan. Kamu tahu dong siapa Putri Ong Tien ini?

Ya, istri dari Sunan Gunung Jati ini menurut catatan sejarah sangat menyukai Tahu Petis. Bahkan dalam setiap aktivitas sehari-hari, Putri Ong Tien kabarnya tidak pernah jauh dari petis.

Sekilas bentuk dan warna petis Cirebon tidak jauh berbeda dengan petis pada umumnya. Namun, dari rasa, petis Cirebon lebih memiliki banyak penggemar yang cukup militan. Saya salah satunya.

Dari dulu sampai sekarang petis memiliki rupa dan warna hitam yang sama. Yang menjadi ciri khas Petis Cirebon adalah campuran ebi atau rebon di dalamnya. Makanya rasa petis Cirebon bisa gurih dan enak begitu.

Tahu petis Cirebon juga punya ciri khusus. Selain dari petis yang dipadukan dengan rebon, tahunya berasal dari Sindang Laut, Cirebon. Tentu saja tahu Sindang dan Tahu Sumedang sudah pasti berbeda.

Di mana bisa menemukan tahu petis? Kalau saya sih biasanya makan tahu petis pas lagi Muludan, atau datang ke pasar malam yang digelar dekat rumah. Sebab disanalah tukang tahu petis mangkal biasanya.

12. Es Cuing

Kuliner Lezat di Cirebon Ini Dijamin Bikin Gagal Diet
enrymazni.com

Jangan beranjak dulu dari Pasar Kanoman, sebab setelah mencicipi es duren, kamu juga boleh membeli es cuing. Tapi es cuing ini tidak hanya ditemukan di Pasar Kanoman saja kok.

Pedagang yang berkeliling juga banyak, yang mangkal juga ada. Cuing atau cuwing ini merupakan sejenis minuman penyegar yang terbuat dari gel yang menyerupai agar-agar.

Bahan pembuatannya sendiri berasal dari daun cuwing yang ada di Cirebon dan sekitarnya. Es cuing ini hanya punya sedikit perbedaan dengan es cincau.

Yakni terletak pada santannya. Santan yang dipakai di es cuing jauh lebih kental dibandingkan dengan santan es cincau.

Untuk harga juga masih murah kok. Berkisar antara Rp 2000 sampai Rp 5000 saja per porsi.

13. Aneka Jajanan Pasar

jadiberita.com

Cirebon juga unggul sama jajanan pasarnya. Ada banyak banget tipe, rupa dan jenis jajanan pasar yang ada di Cirebon.

Klepon, cenil, kue talam asin, geblog, lemper, cikak, bugis, koci, nagasari, kuekhu, latto, putu, rara gudig berbahan ketan, buras, wajik, otok roti, grejeg urang, lindri, semar mendem, talam, hunkue, cucur, cindil dan lain sebagainya merupakan jajanan pasar yang wajib kamu coba.

Menarik bukan dengan informasi aneka kuliner lezat di Cirebon kali ini. Maka, usai sudah ulasan yang bisa saya berikan.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kamu. Saya akan update tulisan menarik lainnya di sini. Terima kasih juga sudah mampir, ya. :) Stay health, safe and classy.


Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar