Resep Chicken Katsu Krispi Simpel dan Praktis, Dijamin Nagih!

Posting Komentar

Resep Chicken Katsu Krispi Simpel dan Praktis, Dijamin Nagih! — Akhir-akhir ini mood saya lagi bagus banget kayaknya. Setelah vakum masak selama lebih dari dua minggu dan sempat nyoba masak lagi tapi hasilnya kacau (keasinan :p), akhirnya kemarin saya merasa kuku saya kembali tajam. Halah.

Kemarin bisa dibilang pertama kalinya saya memasak katsu sendiri dan alhamdulillah langsung sukses. Nah, biar resepnya tidak hilang dan bisa saya masak ulang terus, makanya saya bikin sekalian artikelnya di sini.

Siapa tahu kamu juga tertarik untuk masak ulang dan bikin orang tersayang kamu makin sayang. Tsah. Kepoin nih resep lengkapnya.

Coba Resep Chicken Katsu Crispy Simpel dan Praktis di Sini!

Resep Chicken Katsu Crispy Simpel dan Praktis, Dijamin Nagih
resepkoki.id

1. Apa itu Katsu?

Menurut Wikipedia, katsu ayam atau chicken katsu juga dikenal sebagai ayam panko, atau tori katsu yang merupakan hidangan ayam goreng Jepang. Ayam katsu ini dibuat dengan remah roti panko yang juga populer di Australia, Hawaii, London, California, dan di beberapa daerah lain di dunia.

Lazimnya katsu yang kita kenal terbuat dari fillet daging ayam yang dipipihkan, kemudian dibalut tepung panir dan digoreng kering. Katsu tersebut bisa disajikan dengan saus bulldog, saus BBQ khas Jepang, atau dengan saus pedas saja.

Perlu kamu tahu bahwa torikatsu adalah versi lain dari sajian gorengan asli yang disebut Tonkatsu. Bentuk hidangannya sama, hanya saja versi autentik tersebut memakai fillet daging babi. Karena ada beberapa yang tidak bisa makan babi, maka ayam pun menjadi salah satu alternatif.

Chicken katsu sangat populer di restoran Jepang. Tidak hanya disajikan sebagai lauk saja lho. Katsu juga dijadikan topping donburi atau rice bowl.

Selain itu katsu juga kerap disajikan dalam curry rice atau katsu ayam yang disiram saus kari yang kental. Bahkan dijadikan topping ramen dan soba juga.

2. Resep Chicken Katsu Crispy, Wajib Coba!

Resep Chicken Katsu Crispy Simpel dan Praktis, Dijamin Nagih
hallunalina.com

Setelah kamu mengenal sedikit pengertian dari katsu itu sendiri, maka kini saatnya kita praktik membuat katsu dengan panduan resep chicken katsu krispi versi saya ini.

Resep aslinya bisa dilihat di sini. Namun di beberapa bagian saya mengeksplorasi dengan bahan yang saya miliki di dapur.

Bahan utama:

  • 2 atau 3 fillet dada ayam (tergantung kamu mau masak berapa banyak)
  • Bumbu marinasi (campur semua):
  • 2 sendok makan soy sauce (kalau mau kualitas rasa mirip restoran Jepang, pakai yang premium)
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil diparut
  • 50 ml air

Bahan baluran tepung (campur semua):

  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 3 sendok makan tepung sagu/tapioka
  • 1 sendok makan maizena
  • 2 sendok teh cabai bubuk (opsional, bisa di-skip)
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Kocokan telur:

  • 1 butir telur kocok lepas + 1 sendok makan kecap asin

Bahan lain:

  • Tepung roti untuk membalur potongan ayam
  • Minyak yang banyak untuk menggoreng (Kalau ingin crispy dan gorengannya oke, pakai minyak baru)
  • Biji wijen putih dan irisan daun bawang untuk garnish (opsional)
  • Rajangan kubis/lettuce dan serutan wortel
  • Saus mayonaise dan saus sambal sesuai selera

Cara memasak:

  1. Pertama fillet dada ayam, tidak perlu terlalu tipis tapi jangan ketebalan juga, menggunakan pisau tajam. Pipihkan dengan alat pemukul daging atau kalau tidak punya, bisa seperti saya pakai gagang ulekan yang dialasi plastik.
  2. Setelah itu rendam dada ayam dalam bumbu marinasi tadi. Setelah itu simpan di kulkas agar bumbu meresap, minimal 1 jam dan maksimal selama 24 jam.
  3. Tiriskan ayam dari bumbu marinasi, keringkan permukaannya yang basah dengan tisu dapur atau serbet bersih, langsung sisihkan.
  4. Supaya tangan tidak kotor dan lengket, bahan lumuran tepung dimasukkan ke dalam kantong plastik dan masukkan ayam yang sudah dimarinasi tadi. Kocok dan tekan supaya permukaan ayamnya tertutup tepung dengan sempurna. Keluarkan ayam dari plastik.
  5. Setelah menyiapkan bahan kocokan telur, kamu bisa mengambil fillet ayam yang sudah dilumuri tepung, celupkan ke dalamnya dan ketuk-ketuk untuk membuang kelebihan telur.
  6. Gulingkan ayam ke tepung roti, posisikan ayam fillet hingga melebar dan tekan-tekan supaya tepung roti menutupi seluruh permukaan ayam dengan baik. Lakukan hingga selesai.
  7. Siapkan wajan bersih, tuangkan minyak agak banyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Goreng dada ayam yang sudah siap tadi hingga berubah warna kuning kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang, angkat dan tiriskan.
  8. Supaya kering sempurna dan matang, jangan menggoreng sekaligus banyak, ya. Lakukan secara bertahap tidak apa-apa kok.
  9. Sudah menggoreng semuanya, tinggal platting. Kalau saya kemarin menatanya seperti rice bowl.

Tips: Jangan meletakkan chicken katsu panas di permukaan tisu. Sebab hal ini justru akan membuatnya menjadi lembab (uap panas susah menyebar) dan malah jadi tidak krispi. Selamat mencoba! ;)


Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar