Karakter Perempuan Tak Kenal Takut yang Menginspirasi

Posting Komentar

Karakter Perempuan Tak Kenal Takut yang Menginspirasi — Ada banyak film yang sudah saya tonton. Baik itu film Indonesia, Korea, India, Hollywood bahkan beberapa film indie juga.

Seringkali saya tertarik pada karakter-karakter unik dalam film beberapa film. Bahkan ada banyak karakter dari film-film tersebut menurut saya cukup bisa menginspirasi.

Paling tidak menginspirasi saya sendiri. Terus akhirnya saya pikir kenapa nggak bikin artikel tentang karakter perempuan tak kenal takut yang menginspirasi saja sekalian.

Karakter Perempuan Tak Kenal Takut dan Menginspirasi

Karakter Perempuan Tak Kenal Takut yang Menginspirasi
pexels.com/Anna Shvets

Nah, jadi karena ide itu kemudian datang begitu saja, akhirnya saya pun mengumpulkan beberapa daftar karakter perempuan fearless yang bakal saya cantumkan dalam artikel ini.

Siapa saja karakter perempuan tak kenal takut tersebut? Kamu boleh cek listnya sebagai berikut:

1. Hermione Granger

Siapa sih yang nggak kagum sama kecerdasan dan sikap berani Hermione Granger. Sebagai seorang darah campuran, dia cukup kompatibel dalam urusan belajar sihir. Segala sesuatu dia coba pelajari dengan tekun dan rajin.

Apalagi sebagai teman dekatnya Harry Potter, tentu membuat Hermione juga harus mengalami berbagai kejadian spektakuler sepanjang hidupnya bersekolah di Hogwarts. 

Diantara kejadian-kejadian itu, bahkan banyak menuntut kecerdasan dan bakat Hermione.

Hermione pertama kali bertemu Harry dan Ron di atas Hogwarts Express saat menuju sekolah. Kesan pertama yang ditangkap Ron dan Harry tentu saja tidak ramah dan sok “tahu segalanya”.

Tak disangka kesan ini kemudian diperkuat oleh Hermione yang selalu cari muka dihadapan para profesor Hogwarts.

Tapi tentu saja, kesan sok tahu tersebut pupus ketika Hermione memainkan sebuah peran penting dalam melindungi Batu Bertuah dari Voldemort.

Kemudian di tahun keduanya menjadi siswa Hogwarts, Hermione juga berperan cukup besar dalam penemuan Kamar Rahasia.

Tidak hanya itu.

Di tahun selanjutnya Dumbledore memberikan izin Hermione untuk menggunakan Time-Turner dari Kementerian Sihir,

Hal tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kemauannya agar bisa mempelajari lebih banyak subjek daripada yang mungkin terjadi tanpa perjalanan waktu.

2. Mulan

Karakter perempuan tak kenal takut dan menginspirasi berikutnya adalah Mulan. Paling tidak kamu pasti pernah dengar lagu yang dinyanyikan Christina Aguilera berjudul Reflection. 

Ya, lagu mengharukan sekaligus powerfull itu seakan mewakili film tentang pemberdayaan perempuan milik Disney ini.

Mulan berpura-pura menjadi seorang prajurit laki-laki untuk menyelamatkan ayahnya agar tidak mendaftar sebagai tentara.

Mulan bersiap untuk ikut berperang. Namun rekan-rekan yang pertama kali melihatnya sebagai seorang yang lemah justru berbalik memandangnya setara.

Tentu saja tidak lama setelah itu, Mulan pun membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang sangat diperlukan dan mampu berpikir cepat. Tidak ada yang berubah meski kemudian identitas gender aslinya terungkap.

3. Miranda Priestly

Dalam The Devil Wears Prada, Miranda Priestly diperankan oleh Meryl Streep. Seperti yang disebutkan dalam judul filmnya yaitu Iblis yang Memakai Prada seakan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk melihat sosok bos super menyebalkan ini.

Tapi jangan salah, Priestly adalah tipe bos yang kamu kamu pengin segera setelah lulus kuliah (atau kapan pun dalam karir yang kamu tekuni saat ini).

Kenapa begitu? Sebab dia bisa naik ke puncak industri yang sangat kejam. Miranda juga sebenarnya mengharapkan yang terbaik dari orang-orang di sekitarnya (orang yang bekerja bersamanya).

Terlebih Miranda dia tidak memanjakan gadis baru, Andy yang diperankan oleh Anne Hathaway.

Bisa dibilang harapan tinggi Priestly bahwa Andy akan sukses.

Pada akhirnya, justru dapat menciptakan kepercayaan yang dia butuhkan untuk mencari tahu apa yang terbaik untuknya, menjadi penentu dalam cerita.

4. Kat Stratford

Kat Stratford yang diperankan oleh Julia Stiles dalam 10 things i hate about you, bukan siswa sekolah menengah yang mencolok. Suatu ketika saudara perempuannya yang bernama Bianca, ingin pergi ke pesta dan berkencan dengan pria paling populer di sekolah.

Masalahnya ayah mereka yang terlalu protektif hingga membuat peraturan bahwa Bianca tidak bisa melakukan semua itu kalau Kat nggak ikut.

Kat adalah gambaran asli untuk para JOMO (Joy of Missing Out). Kat juga penggambaran seorang feminis, jelas pemberontak, dan lebih baik daripada yang biasa ditampilkan di depan publik.

Buat kamu yang belum tahu, JOMO merupakan istilah agar seseorang bisa hidup lebih santai, menerima dan mensyukuri keadaan mereka, hidup lebih sehat, dan tidak terobsesi untuk selalu mengikuti tren yang ada di media sosial.

Kunci seorang JOMO adalah menahan diri (self-restraint) dan belajar untuk tak selalu mempedulikan hal-hal yang tengah trending.

5. Elastigirl

Elastigirl, atau tokoh ibu dan istri di Incredible 2 sepertinya menjalani semua cobaan keibuan: Punya anak-anak yang hiper, seorang suami yang sedang bosan, dan secara kebetulan Elastigirl juga adalah superhero.

Dan tentu saja nasib dunia bertumpu pada pundaknya. Hanya saja Elastigirl dapat bekerja sama dengan suaminya untuk menyelesaikan semuanya.

6. Carol Danvers

Sebagai salah satu yang menyukai Marvel, haram rasanya kalau tidak memasukkan salah satu superhero paling kuat di semesta (Marvel) ini ke dalam daftar karakter perempuan tak kenal takut ini. 

Ketika Nick Fury mengirim pesan teks antar galaksi pada seseorang yang misterius, tepat sebelum menghilang menjadi debu di akhir Avengers: Infinity War, para penggemar pun seketika bersemangat. Mereka seakan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tokoh ini diperankan oleh Brie Larson. Seperti yang sudah saya sebut diatas, Captain Marvel merupakan salah satu superhero paling kuat di MCU.

Dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memerangi kejahatan di planet-planet lain selain bumi.

Namun dia muncul ketika sebuah kejadian penting terjadi. Tentu saat Thanos mulai menjajah bumi beserta pasukannya.

7. Evelyn Abbott

Film thriller oke satu ini membuat saya makin suka sama John Krasinski. Salah satu tokohnya, yakni tokoh ibu serta istri yang diperankan oleh Emily Blunt (yang juga istri aslinya John Krasinski) menjadi salah satu karakter perempuan tak kenal takut versi saya.

Meskipun sedang dilanda tragedi, peluang selamat yang hanya nol persen dan tampaknya mereka tidak dapat selamat dari invasi alien, namun ibu yang sedang hamil besar dengan dua anak ini justru membuktikan keberanian dan ketegarannya di A Quiet Place.

8. Harley Quinn

Hot pants, make-up yang oke, serta aksesoris warna-warni dan senjata glitter mungkin menjadi ciri khas yang paling bisa kita kenali dari Harley Quinn.

Harley Quinn memang salah satu tokoh anti-hero DC yang bisa dibilang saya suka banget. Menurut saya mah, dia tuh nggak cocok buat Joker.

Kenapa? Karena Joker tuh jahat. Dia suka nyiksa Harley dan nggak bener-bener cinta.

Makanya ketika nonton Birds of Prey, saya cukup lega Harley berani lepas dari bayang-bayang Mr. J dan bisa jadi dirinya sendiri yang utuh.

9. Vivian Ward

Buat yang pernah nonton Pretty Woman, pasti nggak bakalan lupa sama karakter yang diperankan sama Julia Roberts.

Dia memerankan seorang pelacur bernama Vivian Ward. Tapi masalahnya pelacur ini berhati emas. Dia diberi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang tinggi, dan berhasil menemukan apa yang benar-benar penting di hidupnya.

Kisah Vivian mungkin terkesan halu atau kelewat fantasi. Tapi ada hal baik yang bisa kita ambil sebagai pelajaran.

Bahwa dongeng semacam ini selalu bisa bikin kita melewati masa-masa suram di dunia yang semakin kejam kayak sekarang.

10. Moana

Ketika lautan memanggil, kamu harus patuh. Meskipun itu berarti bertentangan dengan apa yang dikatakan orang tua kamu sendiri. Kalimat itu berlaku untuk Moana.

Gadis itu kemudian menantang ombak untuk menemukan dewa setengah mati bernama Maui. Keduanya harus bekerja sama untuk mengembalikan keadaan seperti sedia kala.

Perjalanan ini berbahaya. Namun Moana bertahan, dan itu berkat keberaniannya. Dia tahu bahwa apa yang dilakukannya sekarang agar semua orang yang dicintainya selamat.

11. Alita

Karakter perempuan tak kenal takut satu ini bisa disebut "Malaikat Pertempuran" (Angel of Battle). Alita adalah seorang cyborg yang diperankan oleh Rosa Salazar.

Alita mendapat gelar Angel of Battle saat ia menemukan rahasia masa lalunya yang terlupakan.

Alita harus menghadapi sekelompok pembunuh cyborg, pemburu hadiah yang mematikan yang mengincarnya, dan tentu saja seorang diktator jahat.

Jika ada yang bisa mengalahkan penguasa sadis yang memerintah kota dari langit, sudah pasti Alita.

12. Juno

Sebagai seorang yang lebih bijak dari usianya, Juno, remaja yang sangat menarik ini menjadikan kecerdasan sebagai bentuk seni yang mengagumkan.

Juno hanya memiliki banyak pengetahuan dan kecerdasan yang mungkin tidak akan kamu harapkan dari seseorang seusianya. Kira-kira begitu kata Ellen Page saat dia diminta untuk berkomentar tentang karakter yang diperankannya.

Juno benar-benar mendorong norma-norma sosial. Saya bisa bilang bahwa karakter Juno ini sangat unik. Dia bisa bikin penonton benar-benar terhubung dengannya. Eh, kamu sudah nonton Juno, kan?!

13. Diana Prince

Wonder Woman adalah Diana Prince, putri dari Hippolyta, Ratu Amazon dan Zeus, da yang terkuat di antara para Dewa Olympus.

Diana mengajukan diri untuk meninggalkan rumahnya yang damai di Themyscira demi memperjuangkan pesan perdamaian Amazon.

Tidak hanya itu, Diana juga memperjuangkan keadilan dan kesetaraan di Man’s World. Diana juga menjadi salah satu pendiri Justice League bersama Batman, Superman dan Aquaman.

Penampilan Mbak Gal juga oke banget sampai merinding kalau lihat dia berantem.

Jadi seperti itu dulu karakter perempuan tak kenal takut versi saya yang saya share di blog ini. Semoga bisa bermanfaat dan memberi kamu sebuah pandangan baru.

Saya bakal update beberapa tulisan tentang film, buku, masak dan lain halnya di sini. Jadi, pastikan kamu ngikutin terus biar nggak ketinggalan kalau saya post tulisan baru. Terimakasih ya sudah mampir. ;)


Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar