Review Upload, Serial Romkom Futuristik dan Unik

Posting Komentar

Review Upload, Serial Romkom Futuristik dan Unik — Beberapa waktu lalu gue baru saja selesai nonton seriesnya Amazon Prime Video yang berjudul Upload.

Serial satu ini dibuat sama Greg Daniels, seorang penulis, produser, dan sutradara yang terkenal karena karyanya di beberapa serial televisi.

Mungkin lo pernah denger atau nonton bahkan The Office, Saturday Night Live, Parks & Recreation dan yang terbaru tayang di Netflix, Space Force.

Penulis yang identik dengan genre komedi ini kayaknya lagi mulai terobosan baru dengan bikin Upload. Karena tertarik sama premisnya, makanya saya cobain nonton.

Waktu itu saya bisa akses Prime Video karena sebagai pengguna baru, kita dikasih semacam trial gitu selama tujuh hari. Kan, lumayan.

Apalagi series ini baru musim pertama dan cuma ada 10 episode, maka nggak saya tunda lagi buat langsung nonton.

Review Upload, Serial Romkom Futuristik dan Unik yang Wajib Ditonton

Review Upload, Serial Romkom Futuristik dan Unik
i.ytimg.com

 1. Mengulas Awal Mula Cerita 'Upload'

Serial komedi romantis fiksi ilmiah ini bersetting pada tahun 2033. Jadi ceritanya saat itu, manusia bisa "mengunggah" diri mereka ke akhirat virtual pilihan saat dirasakan sudah hampir mati.

Salah satunya adalah Lake View, teknologi buatan yang dioperasikan oleh perusahaan raksasa bernama Horizen dan cuma mampu dibayar sama orang-orang kaya.

Mari langsung berkenalan sama tokoh sentral di serial ini. Di episode awal kita langsung dikenalin sama Nora, seorang gadis biasa aja, yang kebetulan kerja di Lake View sebagai layanan pelanggan. 

Kemudian di tempat lain, kita juga dikasih lihat tokoh berikutnya, cowok bernama Nathan (Robbie Amell), berprofesi sebagai seorang programmer dan punya hidup yang biasa juga.

Cerita pun mengalir dan kita dikasih lihat di semestanya Nora dan Nathan ada siapa aja. Nora cuma punya ayah yang sudah dalam keadaan sakit dan lagi dibujuk buat mau ‘di Upload’ ke Lake View.

Cuma masalahnya bokapnya ini old school banget dan masih menganggap kalau surga sebenarnya tuh ada. Dan ‘di sana’, nyokapnya Nora udah nungguin dia.

Sedangkan di semestanya Nathan kita dikenalin sama keluarga, pacar Nathan, Ingrid (Allegra Edwards), dan sahabat Nathan yang juga rekan bisnisnya.

Di awal memang sudah kelihatan banget obstacle nya bahwa hidupnya Nora nggak banget karena punya bos yang sucks.

Hidup Nathan yang seolah oke padahal dia punya pacar yang sebenarnya nggak dia cinta-cinta amat.

2. Pertemuan Nora dan Nathan Pertama Kali

Kemudian, kecelakaan misterius menimpa Nathan dan menyebabkan dirinya terluka parah. Sebenarnya Nathan masih bernyawa pas dibawa ke rumah sakit.

Tapi pihak rumah sakit bilang bahwa kondisi Nathan fifty-fifty alias bisa selamat dan bahkan bisa saja lewat. Tapi tentu saja Nathan punya kesempatan buat tetap ‘hidup’ kalau dia menyetujui untuk ‘di Upload’.

Setelah musyawarah tergesa-gesa dengan pacarnya yang dangkal itu, akhirnya Nathan memilih untuk diunggah ke kehidupan akhirat virtual mewah.

Tentu saja atas akses yang diberikan sama Ingrid. Setelah diunggah di Lake View, di sana lah Nathan bertemu dengan "Malaikat"-nya, Nora.

Awalnya Nathan nggak tahu kalau Nora ini orang asli, bukan AI (artificial intelligence). Tapi karena kebijakan Horizen, maka setiap Angel, nggak boleh membuka identitas dirinya sama pelanggan mereka. 

Tentu saja Nora awalnya hanya melaksanakan pekerjaannya dengan membimbing dan memberikan pengarahan pada Nathan tentang ‘hidup sebagai file yang di upload’.

Tapi karena memang wujudnya Nathan ini gampang ditaksir (baca;good looking), Nora juga udah kelihatan beda dari awal mereka avatar untuk Nathan.

Di awal-awal hidup di Lake View tentu nggak mudah buat Nathan. Kalau saya jadi Nathan juga bakalan bingung.

Ini tuh saya masih punya kesempatan buat ngeliat keluarga saya, pacar saya, temen saya. Tapi keadaan sebenarnya saya tuh udah mati.

Saya nggak bisa pegang mereka, bertemu mereka setiap saya pengen. Sedihnya di situ.

Dan Nathan tentu aja nggak bisa menahan tangisnya saat dilanda bingungnya itu.

3. Kedekatan Nathan dan Nora Mengeksplorasi Keadaan yang Sebenarnya

Review Upload, Serial Romkom Futuristik dan Unik
amazon.com

Tentu sudah bisa ditebak kalau kemudian mereka menjadi semakin dekat. Saat baru saja menjadi warga Lake View, Nathan udah homesick.

Ketika dia tahu ada jalan menuju tempatnya kembali, sebagai seorang programmer, dia pengen coba kesempatan itu.

Tapi kan Nathan bukan programmer Horizen, ya. Sebab tindakannya tersebut gegabah dan bisa bikin dirinya sendiri lenyap.

Nora pun langsung berusaha meyakinkan Nathan kalau apa yang dialami Nathan ini mungkin nggak enak, tapi seenggaknya Nathan punya kemungkinan buat dihidupkan lagi jika teknologinya ditemukan para ilmuwan.

Karena bicara terlalu menggebu-gebu pakai rasa dan emosi, Nathan pun sadar kalau Angel-nya ini bukan lah AI, tapi manusia.

Ya, akhirnya Nora buka-bukaan deh soal identitasnya plus tempat dia kerja saat ini.

Nora kemudian sadar bahwa ada file memori Nathan yang rusak dan dia penasaran kenapa bisa begitu. 

Karena ini adalah kali pertamanya dia menangani pelanggan yang ketika masuk Lake View, sebagian data memorinya rusak dan hilang.

Dari rasa penasaran itu dan percakapan antara dirinya dan Nathan, Nora pun jadi semakin yakin kalau Nathan meninggal dengan tidak wajar.

Di kantornya Nora punya temen kerja yang lucunya nggak ketulungan menurut gue, namanya Aleesha. Dalam dunia kerjanya, mungkin Aleesha ini agak-agak ngaco, ya.

Tapi pas berkenaan dengan pertemanannya dengan Nora, dia menunjukan banget kesetiaannya.

Ada satu kejadian dimana gue spontan ngakak karena tingkahnya dan langsung ngerasa everyone needs friends like Aleesha.

4. Parting Shot

Apa yang akan bikin menarik kedepannya adalah bagaimana hubungan antara Nathan dan Nora berkembang.

Kemudian bagaimana Nathan mulai mempelajari apa niat Ingrid yang sebenarnya saat membuat dirinya diunggah ke Lake View.

Bikin review Upload kayak sekarang jadi pengin nonton lagi. Soalnya chemistry antara Nathan dan Nora kadang gemes-gemes gitu, sih.

Upload punya sepuluh episode di musim pertamanya ini. Hanya seminggu setelah pemutaran perdana di musim 1, Amazon Studios langsung memesan musim keduanya lho.

Musim 2 bahkan sudah direncanakan secara eksklusif akan streaming di Amazon Prime Video di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Hanya saja, karena pandemi yang sedang terjadi, proses syuting pun tertunda. Lagi-lagi gara-gara corona. Sad.

5. Konklusinya?

Tonton segera!

Penulis dan sutradaranya sudah berhasil membuat akhirat yang bisa kita bayangkan di Upload. Bisa jadi ini adalah jenis pertunjukan yang ingin kita tonton sekarang.

Tapi kita seakan dikasih tahu bagaimana si penulis sedang membangun ansambel yang lucu dan bakal kita pedulikan tentang kedua tokoh tadi di musim berikutnya.

Oh, ya masih ada meteri tentang Upload yang saya simpen mengenai hal-hal keren yang cuma ada di Upload.

Rencananya mau posting habis artikel review Upload secara keseluruhan yang ini dulu. Karena masih disempurnakan tulisannya, makanya pantengin terus updatenya di sini. Terimakasih ya sudah mampir. ;)


Halluna Lina
Hi, aku Halluna Lina. Sehari-hari aku jadi penulis purnawaktu, baik untuk nonfiksi seperti artikel di blog, dan fiksi seperti novel. Di blog ini aku bakal berbagi beberapa tulisan menarik, sampai kesukaanku pada film, masak dan makanan. Kamu bisa menemuiku di Instagram @hallunalina dan Twitter @_Hlluna.

Related Posts

Posting Komentar